Senin, 30 Agustus 2010

Mendemontrasikan Cara Menggunakan Komputer Dengan Memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Mendemontrasikan Cara Menggunakan Komputer Dengan Memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Setelah kita tahu bagaimana posisi yang benar di depan komputer maka langkah berikutnya adalah bagaimana memperlakukan komputer. Komputer juga harus diperlakukan dengan baik supaya komputer yang kita gunakan tidak cepat rusak.
Pertama adalah komputerharus diletakkan di tempat yang aman. Aman dari jangkauan anak-anak, aman dari api, aman dari penyinaran matahari secara terus-menerus, dan aman dari percikan air.
Komputer harus aman dari jangkauan anak-anak karena anak-anak tidak tahu bagian yang paling sensitif dari komputer sehingga kadang-kadang merka menghidupkan dan mematikan komputer semaunya dan tidak mengunakann prosedur yang benar. Di samping itu, kabel di komputer cukup banyak sehingga jika jauh dari, bahaya arus listrik dapat dihindari.
Aman dari jangkauan api. Api dapat mengakibatkan kebakaran dan dapat menyebabkan hardware menjadi rusak. Penyinaran matahari secara terus-menerus mengakibatkan aus pada bodi komputer sehingga bagian dalam juga akan rusak.
Yang terakhir adalah aman dari percikan air, baik itu air hujan atau air dari sumber lain, seperti air dari AC (pendingin ruangan). Komputer dalam beroperasi menggunakan arus listrik. Jika ada percikan air walaupun sedikit pada monitor atau CPU mengakibatkan korsleting sehingga hardware tterbakar.
Selanjutnya dalah langkah penggunaan komputer. Setiap pemakai komputer selalu diawali denga memasang stop kntak untuk power supply, kemudian menghidupkan power. Stop kontak yang digunakan sebaiknya yang mantap, tidak goyang sehingga arus listrik tidak terganggu. Karena arus langsung ke PLN rata-rata 220 volt dan berbahaya bagi kita, maka perlu hati-hati dalam memasang stop kontak.
Kabel di komputer cukup banyak, maka harus dihindari kesemrawutan,kabel dapat dirapikan dengan mengisolasi atua mengikatnya denagn karet. Hal lain yang harus diperhatikan adalah stabilizer. Stabilizer harus digunakn karena arus listrik yang tidak mantap (naik turun) dapat menyababkan kerusakan pada hardware pada hardware dan kebakaran.
Sesudah stop kontak di pasang, maka dilanjutkan dengan menekan tombol ON/OFF. Perlakuan seperti ini dikenal sebagai booting dingin (cold booting). Proses booting dingin ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan tidak dilakukan berulang-ulang. Kemudian, tunggu beberapa saat karena computer sedang menset sesuai BIOS dan mengecek perangkat komputer seperti monitor, keyboard, mouse, printer dan sebagainya. Jika semua sudah siap, maka komputer akan menampilkan desktop.

Dikutip dari :
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas X

Untuk mendownload file ini klik dibawah ini:

download

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar